Foto: Wadas Melawan

Komnas HAM menggali keterangan warga Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, dan mengumpulkan data terkait rencana penambangan di wilayah tersebut.

Komnas HAM turun menyelidiki kasus intimidasi warga Desa Wadas. Hal ini merupakan tindak lanjut dari laporan warga yang mengalami kekerasan lantaran menolak penambangan batu andesit di wilayah tersebut. 

Pernyataan resmi Komnas HAM , lembaga tersebut menurunkan tim ke Desa Wadas pada Selasa (28/9). Tim yang dipimpin oleh Komisioner Beka Ulung Hapsara dan didampingi Pemantau Aktivitas HAM, Dyah Nan, menggali keterangan dan mengumpulkan data terkait lokasi yang direncanakan akan menjadi lokasi penambangan tersebut. 

“Untuk memperkuat analisa kasus, Komnas HAM juga meminta kelengkapan data yang berkaitan dengan kasus tersebut. Komnas HAM juga meninjau situasi dan kondisi di lokasi yang rencana akan menjadi lokasi penambang batu andesit tersebut,” seperti tertulis dalam pernyataan tersebut. 

Selain menggali keterangan warga dan mengumpulkan data, lembaga tersebut juga akan menemui pihak Pemerintah Kabupaten Purworejo, DPRD, Polres Purworejo, dan Kodim Purworejo guna mengklarifikasi terkait rencana penggarapan penambangan di wilayah tersebut.

Keterlibatan Komnas HAM dalam kasus penolakan tambang  ini dilakukan setelah sejumlah warga melaporkan tindakan intimidasi. Laporan warga sampai ke lembaga tersebut pada 16 September 2021 lalu. Diketahui aparat melakukan intimidasi kepada warga yang menolak rencana penambangan batu andesit di wilayahnya.