Foto Rocky Gerung via Tempo

Lokataru mengatakan tanah yang ditempati Rocky dibeli secara sah dan bebas sengketa

Pengamat Politik Rocky Gerung mengadukan somasi sepihak PT. Sentul City kepada pemerintah. Somasi PT Sentul City mengklaim lahan yang ditempati Rocky dan memintanya meninggalkan lahan tersebut. Rocky menempati sebidang tanah sebesar 800 m2 di Kampung Gunung, Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor.

Kantor Hukum Lokataru, selaku kuasa hukumnya, mengirimkan aduan Rocky ke Direktorat Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, 

“Bahwa Klien kami merupakan penguasa fisik sejak tahun 2009 tanah dan bangunan yang beralamat di Blok 026 Kampung Gunung Batu RT 02 RW 11, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, luas tanah 800 m2,” tulis Advokat Lokataru, Haris Azhar, dalam surat aduan tersebut. 

Lokataru menyebutkan bahwa tanah yang dimiliki Rocky di Desa Bojong Koneng tersebut sudah dikuasai  secara sah oleh Rocky setelah melakukan pembelian pemilik sebelumnya, yakni Andi Junaedi yang menguasai tanah tersebut sejak 1960-an. Tanah tersebut bebas dari sengketa, jaminan kepada bank, dan telah membayar PBB. Status tanah itu pun terdaftar di Agenda Kelurahan Bojong Koneng. 

Sedangkan PT. Sentul City mengklaim lahan itu sebagai miliknya atas dasar SHGB Nomor 2411 dan 2412 yang terbit pada 2021.   

Haris menyebut Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor juga dinilai tidak cermat sehingga menerbitkan SHGB tersebut. Kliennya sudah menjadi pemilik sah lahan itu. 

“Kami menolak seluruh poin Somasi tersebut karena PT Sentul City, Tbk bukan pemilik yang patut dan sah,” kata Haris dalam surat tersebut.