Foto: Tangkap Layar Youtube Rocky Gerung

Klaim Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor soal terbitnya SHGB Sentul City di Desa Bojongkoneng, Bogor, dipertanyakan keabsahannya. Klaim ini dianggap sebagai pemicu konflik tanah antara warga dengan Sentul City. 

Anggota tim kuasa hukum Rocky Gerung, Nafirdo Ricky mempertanyakan klaim kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor yang sempat mengatakan penerbitan SHGB sudah sesuai aturan. Penerbitan Sertifikat Hak Guna Bangunan Sentul City oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor atas sebagian lahan Desa Bojongkoneng dinilai tak berdasar. Pasalnya, hingga kini Sentul City tak mengetahui letak batas tanah yang mereka klaim.

“Jika memang prosedur penerbitannya sudah sesuai aturan, seharusnya pihak PT Sentul City Tbk mengetahui letak batas tanah dari SHGB yang di klaim dan BPN harus dapat menjelaskan bagaimana perolehan SHGB dan riwayat tanah yang di klaim PT Sentul City,” kata Nafirdo kepada Hakasasi.id, Senin (20/9).

Ia menilai terbitnya SHGB Sentul City mengindikasikan kejanggalan. Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor  tidak mengumumkan data yuridis dan fisik sebagai dasar penerbitan SHGB. “Faktanya Sentul City meminta bantuan warga untuk membentuk tim agar mengetahui letak batas tanah di wilayah SHGB yang di klaim,” kata Nafirdo.

Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor menjadi sorotan sejak terkuaknya kasus klaim tanah Sentul City atas warga Desa Bojongkoneng termasuk Rocky Gerung. Pasalnya BPN Kabupaten Bogor secara serampangan menerbitkan SHGB 2411 dan 2412 bagi Sentul City pada 2021 ini atas tanah yang tak pernah dipersengketakan selama bertahun-tahun.

Sebagai contoh Rocky yang sudah menguasai sebidang tanah tersebut sejak 2009. Ia membeli lahan tersebut secara sah dari pemilik sebelumnya yang menguasai tanah tersebut sejak 1960-an. Dalam rentang waktu itu hingga sebelum terbitnya SHGB Sentul City pada 2021, tanah tersebut tak pernah berstatus sengketa.

Bermodal SHGB tersebut Sentul City memperingatkan Rocky dan puluhan KK Desa Bojongkoneng lainnya untuk angkat kaki.