Foto: Jubi

Aksi perusakan terhadap kendaraan jurnalis di Papua sudah dua kali sejak awal 2021 sampai sekarang.

Penyerangan terhadap jurnalis di Papua oleh orang tak dikenal kembali terjadi.Kali ini Ketua AJI Jayapura, Lucky Ireeuw, yang menjadi sasaran. Diperkirakan waktu perusakan terjadi Sabtu (7/8), di dekat Dermaga Hamadi, Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Lucky mengatakan kepada Jubi, kejadian itu terjadi ketika ia memarkirkan mobilnya di dekat Dermaga Hamadi, dan hendak menyeberang ke Pulau Tobati bersama keluarganya. Saat kembali lagi ke Dermaga Hamadi keesokan harinya, pemimpin redaksi Cenderawasih Pos ini menemukan lubang pada kaca pintu kanan depan mobilnya.

Dugaan penyerangan ini sengaja ditujukan kepada dirinya menguat lantaran mobil lain yang terparkir dekat mobil Lucky baik-baik saja.

AJI Jayapura pun menyesalkan penyerangan ini . “Kejadian ini pun bertepatan dengan peringatan ulang tahun AJI yang ke-27 pada 7 Agustus 2021,” kata pernyataan tertulis AJI Jayapura. 

Organisasi jurnalis ini meminta kepolisian menindak pelaku penyerangan, serta menyelesaikan kasus penyerangan serupa yang sebelumnya juga menimpa pemimpin redaksi Jubi, Victor Mambor.

Seperti diketahui, serangan berupa perusakan mobil juga dialami Victor, April lalu. Kaca mobil Victor dipecah, dan pintunya dicoret oleh orang tak dikenal. Hingga saat ini, belum ada kejelasan terkait kasus perusakan mobil Victor tersebut.