Irwan Supandi di Kediamannya

Anggota DPRD Tangerang menjanjikan bantuan pengobatan untuk Yuliantika, korban dugaan malpraktek RS Buah Hati. Selama ini ia hanya mendapatkan fasilitas pelayanan ganti kateter di Puskesmas tempat tinggalnya.

Janji ini diucap oleh Ketua Fraksi PSI DPRD Tangerang, Ferdiansyah, ketika mendatangi rumah Yuliantika pada hari Sabtu (17/4) lalu. Saat kunjungan inipun ia mengajak suami Yulia, Irwan Supandi, menyambangi kantor-kantor pemerintahan seperti Kantor DPRD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan Tangerang Selatan untuk mengurus BPJS Yuliantika yang sempat mati karena tidak dapat membayar tagihan bulanan.

Irwan mengaku selama ini istrinya hanya diberikan pelayanan berupa ganti kateter karena tidak ada alat-alat mumpuni di Puskesmas tersebut.

“Setelah saya cerita, orang Puskesmas langsung ke rumah saya dan sekretaris kelurahan juga menelepon untuk mengurusi BPJS Kesehatan. Alhamdulillah sekarang sudah aktif. Sekarang tinggal membawa istri saya ke RSUD Tangerang Selatan,” ucap Irwan Supandi.

Kini Yuliantika tengah menunggu perkembangan sidang malapraktiknya dari Majelis Kehormatan dan Disiplin Kedokteran Indoensia (MKDKI). Yuliantika telah bersaksi di muka sidang bahwa dirinya bahkan tidak mengetahui alasan mengapa dirinya harus dioperasi caesar saat menjalani persalinan.

Dana bantuan Yuliantika yang dihimpun melalui situs kitabisa.com pun masih belum juga dapat diakses karena terhambat kelengkapan surat-surat yang menjadi persyaratan pencairan dana di Kitabisa.com. Sehingga hingga kini uang sumbangan masih belum ditarik oleh Yuliantika untuk meringankan pengeluarannya sehari-hari.